Biasanya tradisi seorang mahasiswa memiliki mental dan psikologi yang hebat. Selain perkara akademis, sudah menjadi tradisi sebagian mahasiswa berpikir untuk membantu meringankan beban orang tua yang sedang menanggung biaya kuliah anaknya. Oleh karena itu, banyak mahasiswa yang mencoba maupun sekedar iseng-iseng membuka usaha kecil kecilan.

Di lingkungan kita sehari-hari ini banyak kita jumpai mahasiswa yang juga membagi waktu antara kuliah dan mencari uang dengan usaha kecil-kecilan. Hal ini dikarenakan fakta yang menyebutkan bahwa mereka juga memiliki keinginan untuk membiayai biaya kuliah mereka sendiri melalui usaha kecil kecilan yang tidak mengganggu aktifitas kuliah.

Aspek Penting dalam Menggeluti Bisnis Usaha Kecil-Kecilan Untuk Mahasiswa

Sebagai seorang mahasiswa tentunya untuk mulai membuka usaha kecil kecilan juga memperhatikan berbagai aspek yang akan mempengaruhi usahanya. Berbagai aspek inilah yang wajib menjadi perhatian bagi mahasiswa yang akan memulai usaha. Berikut adalah beberapa aspek penting yang wajib diperhatikan.

  1. Modal
    Aspek utama yang harus diperhatikan oleh seorang mahasiswa sebelum memulai usaha kecil kecilan adalah jumlah modal yang harus dikeluarkan. Hal ini dimaksudkan agar usaha bisnis yang akan dirintis dapat berjalan sesuai dengan kemampuan. Jangan sampai bisnis usaha yang akan dipilih justru memberatkan pelaku usaha bisnis tersebut.
    Kita dapat memilih yang membutuhkan modal kecil-kecilan terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti kerugian di kemudian hari. Selain itu, dengan memperhatikan modal kita dapat mengukur tebal tipisnya kantong untuk disesuaikan dengan usaha bisnis kecil-kecilan yang akan dijalankan.
  2. Peluang
    Peluang berarti kemungkinan usaha kecil kecilan yang kita pilih dapat berkembang menjadi usaha yang sangat besar. Besar kecilnya peluang biasanya tergantung dari minat konsumen terhadap usaha yang kita rintis. Kita harus jeli untuk memilih produk atau jasa mana yang sampai sekarang dapat menarik minat konsumen dalam jumlah besar. Kita juga dapat memetakan jenis usaha yang konsumennya berasal dari kalangan mahasiswa atau lingkungan kampus dan banyak diminati oleh penduduk kampus.
  3. Untung
    Poin penting sebelum menjalankan sebuah bisnis usaha kecil kecilan adalah memilih bisnis yang dapat memberikan keuntungan yang besar. Setidaknya sebagai langkah awal kita harus menghindari kerugian, meskipun untung yang didapatkan masih sedikit.
  4. Potensi kerugian
    Jangan sampai usaha kecil kecilan yang akan kita pilih justru menjerumuskan kita ke dalam lubang kerugian. Potensi kerugian harus dihitung dengan tepat agar bisnis yang akan dirintis dapat berkembang pesat tanpa kendala.
  5. Proses promosi
    Hal ini juga penting untuk diperhatikan karena proses promosi yang sulit akan menghambat tercapainya jumlah konsumen sesuai target. Lebih baik kita memilih proses promosi yang mudah, tetapi dapat menjamin kuantitas jumlah konsumen yang akan didapat. Untuk melaksanakan proses promosi ini, kita bisa memilih jenis bisnis usaha kecil kecilan untuk mahasiswa yang konsumennya berada di lingkungan kampus. Hal ini akan sangat memudahkan promosi dan memudahkan pencapaian target.

Referensi Usaha Bisnis Kecil Kecilan Untuk Mahasiswa

Seperti yang tertera di atas bahwa membuka sebuah usaha bisnis kecil kecilan bagi mahasiswa harus memperhatikan aspek-aspek penting tersebut. Berikut adalah referensi usaha untuk mahasiswa yang mudah dilakukan dan menjanjikan keuntungan.

  1. Usaha Kecil-Kecilan Bisnis Affiliate
    Bisnis usaha ini merupakan salah satu usaha bisnis kecil-kecilan yang sangat cocok untuk mahasiswa, usaha bisnis yang sangat menjanjikan pada zaman sekarang. Bisnis usaha ini tidak akan mengganggu tugas kewajiaban Anda sebagai mahasiswa. Karena usaha bisnis ini Anda tidak perlu membeli produk/stok untuk dijual. Anda tinggal survey memilih produk-produk affiliate marketing yang cocok buat pangsa pasar target Anda. Kemudian Anda mendaftar sebagai affiliate dari sebuah vendor/produk (merchant) yang sudah Anda incar untuk mendapatkan kode / id affiliate. Selanjutnya mereka (merchant) akan memberikan Anda sebuah link affiliate yang berisi link URL alamat website milik si pemilik produk yang sudah diformat dengan kode / id affiliate Anda. Lalu, tugas Anda hanya mempromosikan link tersebut, dan siapapun yang melakukan klik melalui link Anda lalu melakukan pembelian, maka Anda mendapatkan komisi.
  2. Usaha Kecil-Kecilan Bisnis Pulsa via Aplikasi Android
    Menjadi seorang penjual pulsa dapat dilakukan oleh mahasiswa jurusan apapun. Bisnis ini merupakan usaha kecil kecilan yang lumayan menjanjikan buat mahasiswa karena merupakan bisnis yang memiliki banyak konsumen. Semua orang tentunya membutuhkan pulsa untuk menunjang komunikasi sehari-hari. Menjual pulsa di lingkungan kampus merupakan ladang bisnis yang sangat potensial. Seorang mahasiswa penjual pulsa tidak perlu promosi jauh-jauh untuk mencari konsumen. Namun, konsumen yang akan datang sendiri karena konsumen berada di lingkungan kampus Mahasiswa sendiri. Mengingat sekarang zaman era tekhnologi, jualan pulsa dikalangan mahasiswa cukup via aplikasi android di smarthphone yang bisa dibawa-bawa dan bertransaksi kemana pun Anda pergi. Sehingga bisnis usaha kecil-kecilan ini tidak akan mengganggu tugas dan kewajiban Anda sebagai mahasiswa.

Beberapa referensi “usaha untuk mahasiswa” bisnis kecil-kecilan tersebut dapat dipilih salah satu atau bahkan dapat dijalankan dalam waktu yang bersamaan. Namun, hal penting harus diperhatikan adalah aspek-aspek penting yang mendasari usaha tersebut sebelum dijalakan.