Mengenyam bangku kuliah tentunya bukan suatu perkara yang mudah bagi orang tua maupun seorang anak. Tentu orang tua harus menyiapkan biaya yang besar untuk mengantarkan anaknya sampai meraih gelas wisuda. Maka salah satu solusinyanya sendiri, bisa menekuni bisnis mahasiswa yang cocok untuk dijadikan penghasilan tambahan.

Menjadi seorang anak tentunya juga memiliki beban pikiran sendiri akan hal tersebut. Selain perkara akademis, seorang mahasiswa juga terkadang berpikir untuk membantu meringankan beban orang tua yang sedang menanggung biaya kuliah anak. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa bisnis mahasiswa, bisnis yang cocok untuk mahasiswa yang bisa Anda jadikan pilihan.

Ragam Jenis Bisnis untuk Mahasiswa

Zaman sekarang ini banyak kita jumpai mahasiswa yang juga membagi waktu antara kuliah dan mencari uang. Hal ini dikarenakan fakta yang menyebutkan bahwa mereka juga memiliki keinginan untuk membiayai biaya kuliah mereka sendiri. Oleh karena itu, banyak mahasiswa yang mencari bisnis yang cocok untuk mahasiswa.

  1. Membuka Jasa Les Private
    Bisnis yang satu ini merupakan bisnis yang cocok untuk mahasiswa. Kemampuan akademis seorang mahasiswa tentunya dapat disalurkan dan dimanfaatkan untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Dengan menjadi seorang pengajar, seorang mahasiswa dapat mempraktekkan teori-teori yang didapatnya di bangku kuliah. Dengan membuka jasa les private kita tidak membutuhkan modal yang banyak. Tempat pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan di mana saja baik dirumah peserta ajar, atau ditempat-tempat tertentu yang sudah disepakati. Waktu juga dapat disesuaikan melalui negoisasi. Untuk biaya yang dipatok juga tergantung pada pengajar itu sendiri.
  2. Penjual Pulsa dan Paket Internet
    Bisnis ini merupakan bisnis yang cocok untuk mahasiswa karena merupakan bisnis yang memiliki banyak konsumen. Semua orang tentunya membutuhkan pulsa dan paket data untuk menunjang komunikasi sehari-hari. Mahasiswa di lingkungan kampus merupakan ladang bisnis yang sangat potensial. Anda sebagai mahasiswa yang berbisnis pulsa tidak perlu promosi jauh-jauh untuk mencari konsumen. Namun, konsumen yang akan datang sendiri karena konsumen berada di lingkungan sendiri.
  3. Membuka Jasa Pengetikan Skripsi
    Bisnis untuk mahasiswa yang potensial lainnya adalah membuka jasa pengetikan skripsi. Bisnis ini merupakan bisnis yang cocok untuk mahasiswa. Semua mahasiswa tentu bisa melakukan pekerjaan mengetik. Dengan memanfaatkan komputer/laptop pribadi secara optimal, kita dapat meraih pundi-pundi rupiah. Biasanya banyak mahasiswa yang membutuhkan jasa ini untuk menyelesaikan banyak laporan, skripsi, tesis, disertasi maupun tugas kuliah. Bisnis mahasiswa ini termasuk bisnis yang cocok untuk mahasiswa tanpa modal yang berarti, kita dapat membuka usaha yang berpotensi untuk besar dan meluas.
  4. Jasa Penerjemah / Translator
    Bisnis lainnya yang cocok untuk mahasiswa adalah menjadi penerjemah/translator. Bisnis ini sangat cocok diperuntukkan bagi mahasiswa yang menguasai bahasa asing sebesrti bahasa Ingris. Menjadi seorang translator tidak membutuhkan modal yang banyak karena hanya mengandalkan kemampuan bahasa inggrisnya. Biasanya konsumennya adalah para mahasiswa yang mendapatkan tugas dari dosennya untuk membuat rangkuman dan menyusunnya dalam bentuk laporan dari literatur materi yang berbahasa Inggris. Biasanya jasa translator ini dihargai berdasarkan jumlah per lembar kertas folio/kwarto/A4. Semakin banyak lembarnya, maka akan semakin besar pula bayaran yang akan diperoleh translator ini. Bisnis yang satu ini dapat menjadi sumber keuangan yang potensial.
  5. Membuka Desain Grafis
    Bisnis yang cocok untuk mahasiswa selanjutnya adalah dengan membuka jasa desain grafis. Ini merupakan bisnis mahasiswa yang sangat menjanjikan pada zaman sekarang. Tak dapat dipungkiri bahwa pada zaman sekarang banyak kalangan masyarakat yang semakin membutuhkan jasa desain grafis. Bahkan kini untuk menjawab tuntutan zaman desain telah menjadi ilmu yang dipelajari di bangku kuliah. Semakin berkembangnya desain menuntut masyarakat umum untuk membuat desain pada berbagai media, seperti kaos, topi, jaket, almamater, website, logo komunitas/perusahaan/club, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, permintaan akan jasa desain telah mencapai angka yang sangat tinggi. Tingginya permintaan jasa desain dapat dijadikan peluang usaha yang menjanjikan bagi kita. Kini saatnya seorang mahasiswa untuk mencoba peruntungan melalui bisnis ini. Bisnis mahasiswa ini akan berkembang menjadi bisnis yang sangat menjanjikan jika kita tekun dalam melaksanakannya.
  6. Bisnis afiliasi
    Bisnis mahasiswa ini dapat dilakukan oleh siapapun. Sistem kerjanya adalah kita bertugas mengunggah iklan link sebuah perusahaan di media sosial untuk memperbanyak pengunjung iklan link tersebut. Tujuan utamanya untuk memperoleh pembeli dari produk perusahaan yang kita iklankan. Jika kita berhasil menarik konsumen untuk membeli, maka kita akan mendapatkan komisi dari perusahaan. Cara ini sangat mudah karena hanya mengandalkan jempol untuk menyebar iklan link di media sosial.

Beberapa referensi jenis bisnis tersebut merupakan “bisnis yang cocok untuk mahasiswa”. Seorang mahasiswa tidak hanya berpangku tangan sambil membaca buku, tetapi mahasiswa juga bisa cerdas di bangku kuliah serta cerdas dalam mengumpulkan rupiah.