Dalam dunia bisnis kita pasti menginginkan modal yang sangat kecil dengan untung yang sangat besar. Apalagi bisnis yang menjanjikan seperti ini bisa dilakukan di rumah sendiri dengan waktu yang sangat fleksibel. Oleh karena itu, banyak kalangan masyarakat yang mencoba peruntungan melalui bisnis rumahan modal kecil.

Mengapa Memilih Bisnis Rumahan?

Sekarang ini banyak orang-orang yang mencoba peruntungan melalui bisnis rumahan karena beberapa alasan tersendiri. Namun, tentunya ada alasan mendasar yang mendorong banyak orang memilih bisnis ini. Berikut adalah beberapa alasan umum yang menyebabkan banyak orang ingin mencoba bisnis rumahan modal kecil.

  1. Tidak terbatas waktu
    Keterbatasan waktu merupakan salah satu hambatan terbesar yang menyebabkan seorang pebisnis tidak dapat melangkah lebih jauh lagi untuk melebarkan sayap bisnisnya. Oleh karena itu, alasan keterbatasan waktu inilah yang biasanya menyebabkan seseorang lebih memilih peruntungan di bisnis rumahan. Melalui bisnis rumahan kita tidak perlu diikat dengan keterbatasan waktu karena yang mengatur jam kerja adalah diri kita sendiri. Kita dapat mulai bekerja sesuai dengan keinginan kita sendiri. Tidak akan ada yang melarang atau menghalangi kita jika terlambat memulai jam kerja.
  2. Tidak ada bos
    Keuntungan lain yang sangat menggiurkan seorang pebisnis untuk melirik bisnis semacam ini adalah tidak adanya istilah atasan dan bawahan. Bos dari bisnis rumahan adalah diri kita sendiri. Tidak akan ada yang memerintah atau mengatur cara kerja kita.Sebagai bos dalam rumah sendiri kita bebas melakukan apapun pada bisnis yang kita geluti. Kita juga dapat menentukan langkah apa saja yang bisa kita lakukan untuk melebarkan sayap bisnis rumahan ini. Untuk cara kerja, jam kerja, dan tempat kerja juga kita sendiri yang menentukan.
  3. Modal kecil
    Sebenarnya ada banyak sekali macam-macam bisnis rumahan, tetapi biasanya yang umum dicari orang banyak adalah jenis bisnis yang tidak membutuhkan modal untuk memulainya. Tentu bisnis ini banyak peminat karena tanpa mengeluarkan modal sedikit pun kita bisa meraup keuntungan yang banyak.
  4. Menekan biaya transportasi
    Jika kita bekerja pada sebuah instansi perusahaan, maka kita harus menyesuaikan jam kerja dan tempat kerja yang ditentukan. Untuk melangkah ke tempat kerja tentunya kita membutuhkan tenaga dan biaya lebih atau yang biasa disebut biaya transportasi. Namun, ketika kita memilih bisnis rumahan, maka kita tidak perlu mengeluarkan tenaga dan biaya lebih untuk transportasi menuju tempat kerja. Hal ini dikarenakan tempat kerja adalah tempat dimana kita selalu melakukan aktivitas sehari-hari, yakni rumah kita sendiri.

Referensi Bisnis Rumahan Modal Kecil

Bisnis ini mulai banyak digandrungi oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Kesuksesan orang-orang ulet dalam jenis pekerjaan ini telah mampu mengundang para pemula untuk turut mencicipi jenis pekerjaan seperti ini. Namun, banyak dari mereka yang masih bingung untuk menentukan jenis pekerjaan yang cocok. Berikut referensi bisnis rumahan modal kecil yang cocok bagi para pemula.

  1. Kerajinan Tangan Aksesoris Wanita
    Bisnis rumahan modal kecil yang pertama yang bisa Anda kerjakan adalah Kerjinan Tangan Aksesoris Wanita seperti kalung, gelang, cincin, dompet hp/tas, dll. Perempuan memang suka berdandan, jadi sudah pasti jika mereka banyak membutuhkan aksesoris dan pernak-pernik lainnya untuk menunjang penampilan. Bisnis rumahan modal kacil Ini membutuhkan sedikit jiwa seni/instink untuk menghasilkan karya yang unik dan bagus agar digemari oleh kaum wanita. Anda bisa menggunakan manik-manik atau bahan tali/kulit untuk membuat kalung atau gelang yang bisa Anda padukan dengan instink kreatifitas Anda. Lalu, Anda bisa memanfaatkan akun media sosial yang banyak digandrungi wanita seperti instagram untuk memasarkan usaha Anda ini.
  2. Jasa Cucian Motor
    Membuka Jasa Cician Motor merupakan peluang usaha bisnis rumahan modal kecil yang tidak pernah kehilangan konsumen. Anda pun tak membutuhkan modal yang terlalu besar untuk memulainya. Anda bisa memanfaatkan halaman depan rumah seperti garasi atau perkarangan rumah untuk mendirikan usaha tersebut.  Selagi masih ada orang yang menggunakan sepeda motor sebagai kendaraan harian, maka bisnis rumahan dengan modal kecil ini akan selalu memiliki pelanggan potensial.
  3. Jasa Parkiran/Penitipan Motor
    Sama seperti halnya dengan Jasa Cucian Motor, Jasa Parkiran/Penitipan Motor ini juga bisa dilakukan didepan halaman rumah Anda. Jika rumah Anda berada dilingkungan perkantoran, kampus, atau sekolahan atau mungkin di lingkungan tempat perbelanjaan, maka Jasa Parkiran/Penitipan motor ini merupakan bisnis rumahan modal kecil yang sangat strategis. Nyaris tidak membutuhkan modal untuk bisnis rumahan ini, hanya memanfaatkan lahan di perkarangan rumah Anda.
  4. Jualan Kopi Sachet-an
    Bisnis rumahan yang bermodal kecil selanjutnya adalah Membuka Kedai Kopi/Jualan Kopi Sachet-an. Jika di rumah Anda mempunyai ruangan grasi atau sedikit lahan perkarangan, maka Anda bisa memanfaatkannya dengan membuka kedai kopi. Bahkan tidak pun harus memakai lahan/garasi Anda, hanya bermodalkan etalase kecil atau meja kecil saja untuk sekedar menaruh bahan-bahan yang diperlukan seperti gelas / blender / kopi sachet. Dan tidak pun harus kopi, bisa juga minuman lainnya seperti teh, es, dan minuman segar sachet-an lainnya.
  5. Pulsa/Perdana/Loket PPOB
    Bisnis rumahan modal kecil yang terakhir adalah Jualan Pulsa Perdana dan Loket PPOB. Bisnis rumahan ini adalah bisnis rumahan modal kecil yang paling umum kita jumpai di perumahan-perumahan dan di perkampungan. Karena bisnisnya cukup mudah dan tidak perlu modal yang besar. Cukup menggunakan teras rumah Anda sebagai penunjang untuk melayani tamu. Kini dengan berkembangnya tekhnologi, jualan pulsa dan pelayanan PPOB bisa Anda lakukan hanya dengan menggunakan HP Smartphone Anda dan hanya dalam satu aplikasi, sehingga Anda tidak harus lagi menyediakan perangkat seperti komputer.

Memulai sebuah “bisnis rumahan modal kecil” harus mempertimbangkan segala sesuatu mulai dari modal, untung, waktu, tempat, cara, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kita harus tahu aspek-aspek penting yang mendasarinya agar bisnis rumahan modal kecil yang telah kita pilih dapat berkembang menjadi bisnis yang besar dan sukses.