Setiap orang akan membutuhkan pulsa agar dapat berkomunikasi dengan baik. Pulsa merupakan saldo yang digunakan untuk melakukan panggilan, berkirim pesan lewat sms, atau mengakses internet. Untuk itu, kebutuhan akan pulsa juga semakin meningkat di masyarakat. Inilah yang membuat sebagian orang tertarik untuk membuka bisnis pulsa murah dan cepat.

Berjualan pulsa dinilai cukup menguntungkan apalagi modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak. Penjual pun bebas membuka usahanya dimana saja dengan waktu berjualan yang fleksibel. Tertarik ingin menjalani usaha tersebut? Berikut ini beberapa tips dalam mengelola usaha pulsa yang perlu diketahui.

1. Memilih Server Pulsa Terpercaya

Sebelum memulai bisnis pulsa murah dan cepat, calon penjual perlu melakukan survey untuk memilih server yang tepat dan dapat diandalkan. Pastikan untuk memilih server yang memiliki reputasi baik. Hal ini untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan di masa mendatang ketika memulai usaha.

Reputasi server pulsa yang dipilih dapat dilihat dari pelayanan, apakah sudah memberikan layanan yang baik atau tidak. Kualitas pelayanan ini diharapkan bisa membantu mengatasi masalah dengan cepat, misalnya ketika mengalami gangguan saat transaksi pulsa.

2. Survey Harga Pasar

Harga menjadi salah satu faktor penentu untuk mendapatkan keuntungan. Dengan mengetahui harga pasaran, penjual dapat mengetahui berapa keuntungan yang akan dihasilkan. Penjual dapat langsung mengunjungi beberapa konter pulsa terdekat maupun di internet.

Kemudian penjual dapat menentukan margin dalam setiap transaksi yang telah dilakukan. Tentukan margin dengan tepat, jangan sampai menentukan margin terlalu kecil. Meski akan menarik pembeli, nantinya akan mempengaruhi keuangan bisnis.

Oleh karena itu, sebaiknya penjual telah menyiapkan modal awal yang cukup jika ingin memasang harga jual dibawah pasaran. Pastikan untuk memasang harga yang sesuai dan tidak terlampau jauh dari harga pasaran sangat disarankan bagi yang tidak memiliki modal besar.

3. Memberikan Pelayanan Terbaik

Selanjutnya yaitu memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan, misal ketika sedang menerima pembeli, atau melayani komplain pembeli saat terjadi gangguan. Penjual perlu bersikap ramah saat melayani pembeli, serta selalu sabar dalam menjawab pertanyaan yang diajukan pembeli.

Cobalah menganggap pembeli layaknya teman sehingga penjual dapat secara luwes dan leluasa dalam menghadapi pembeli. Inilah yang akan membuat pembeli mengingat dan kembali membeli jika konsisten melakukannya. Penjual pun dapat menggunakan prinsip kenali pelanggan. Misal, penjual perlu mengetahui terlebih dahulu orang tersebut, sebelum memberikan hutang pulsa.

4. Menghitung Jumlah Transaksi Per Hari

Melakukan jumlah perhitungan transaksi juga dapat menentukan keuntungan yang akan diperoleh penjual. Misalnya penjual telah menetapkan margin per satu transaksi sebesar Rp1.000,-. Jika per hari penjual melakukan sebanyak 50 transaksi, maka tinggal mengalikan Rp1000,- x 50 x 30 hasilnya yaitu Rp1.500.000,- sebagai keuntungan per bulan. Tentunya bisa menjadi bisnis sampingan yang sangat menjanjikan bukan?

Penjual dapat melakukan promosi untuk menarik pelanggan, baik secara langsung atau melalui media sosial. Manfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnis pulsa murah dan cepat agar semakin dikenal orang banyak. Promosi melalui aplikasi chat untuk mengabarkan kepada teman atau keluarga juga cukup efektif. Tentukan tarif promo dan masa berlakunya untuk menarik perhatian pembeli pulsa.

5. Memulai Bisnis Pulsa

Memulai bisnis pulsa murah dan cepat dapat dilakukan dimana saja. Penjual dapat memulainya dari rumah atau bisa dengan membuka counter atau kios pulsa. Selain itu, penjual juga bisa berjualan pulsa secara online melalui online shop dan sosial media. Mendirikan counter bisa menjadi opsi lain jika ingin mengembangkan bisnis dan memiliki modal yang cukup.

Membuka counter pun juga bisa dilakukan di rumah dengan hanya bermodalkan etalase kecil, spanduk, dan papan kecil untuk daftar harga. Pastikan rumah yang digunakan berjualan letaknya di kawasan strategis dan sering dilalui orang. Tidak hanya berjualan pulsa, penjual juga dapat menawarkan produk lain yang berkaitan dengan ponsel, seperti kartu perdana, aksesori, voucher paket internet, hingga jasa service handphone.

Itulah beberapa tips dalam mengelola bisnis pulsa murah dan cepat yang perlu diketahui, terutama bagi pemula. Membuka usaha berjualan pulsa memang tengah diminati mengingat kebutuhan semakin meningkat. Untuk memulai usaha, penjual pun bisa mencoba menjadi agen pulsa atau token listrik melalui Payfazz. Aplikasi pembayaran tersebut menyediakan harga pulsa yang lebih murah serta sangat menjanjikan.